Selasa, 19 Oktober 2010

Do'a Untuk Jema'ah Haji



Para calon jemaah haji Indonesia dalam satu sampai dua minggu ini akan diberangkatkan sesuai dengan kloternya masing-masing. Mereka akan dilepas dan akan meninggalkan keluarga, tetangga, para sahabat, kampung halaman dan tanah air tercinta ini untuk memenuhi panggilan Allah SWT yaitu melaksanakan ibadah haji ke tanah suci. Berbagai rasa dan perasaan rasanya susah diungkapkan dengan kata-kata, kadang itu semua hanya terungkap berupa urian air mata. Dari semenjak mengadakan Walimatus Safar sampai pada detik-detik keberangkat menuju KBIH-nya masing-masing rasa haru biru selalu mewarnai. 
Melepas mereka yang akan berangkat ibadah haji memang seolah kita akan melepas mereka dengan rela utuk kembali kepada Allah SWT (meninggal dunia). Sama-sama dipanggil oleh Allah SWT, cuma bedanya kalau pergi haji dengan waktu bisa ditentukan yaitu lebih kurang 40 hari setelah itu dijadwalkan kembali ketanah air, sementara meninggal dunia tidak akan pernah kembali lagi.  Orang yang pergi untuk melaksanakan ibadah haji, di qiyaskan seperti orang yang meninggal. Maka wajar saja jika suasana pelepasan dan mengantar orang yang akan pergi haji identik dengan kesedihan.
Sebenarnya bukan hanya sebuah tangisan sebagai wujud kebahagian atau perasaan lainnya yang dibutuhkan bagi mereka para calon jemaah haji. Disamping dukungan yang penuh baik berupa dana dan semangat, terlebih saling menghalalkan dan saling mendo’akan menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Ketika seluruh keluarga dan para tetangga mendo’akan dengan hati yang penuh keikhlasan, maka tiada lagi harapan kita buat mereka para calon jemaah haji Indonesia khususnya, agar diberikan kekuatan, keselamatan dan perlindungan dari Allah SWT sehingga bisa kembali lagi berkumpul bersama kita dengan membawa haji yang maqbul dan mabrur. Untuk itu mari sama-sama kita berdo’a :
Bismillahir Rahmanir Rahiim….
Ya Allah segala puji hanya kepada-Mu, atas segala karunia yang telah engkau berikan kepada kami.
Semoga rahmat dan keselamatan engkau limpahkan kepada Nabi-Mu, Muhammad ibn Abdullah juga kepada keluarganya, para sahabat dan para pengikutnya, semuanya.
Yaa Allah yaa ghaffar, ampunilah dosa kami, dosa ibu bapak kami, dosa kaum muslimin dan muslimat baik yang masih hidup maupun yang telah engkau panggil.
Yaa Allah yang maha Rahman, berikanlah kekuatan dan keselamatan kepada para jemaah haji, tamu engkau yaa rabb, keluarga tercinta kami, agar mereka bisa kembali berkumpul bersama kami….dan menceritakan tentang indahnya menjadi tamu-Mu yaa Rabb. Semoga engkau menerima ibadah hajinya dan menjadikannya haji yang mabrur…
Allahummaj’ al hajjanaa hajjan mabruuro, wa sa’yana sa’yan masykuuro, wa dzanban maghfuuro, wa tijarotan lan tabuur.
Yaa Allah Yaa Rahiim, Berikan juga kesempatan dan kemampuan kepada kami untuk menjadi tamu-Mu pergi haji ke tanah suci, Undanglah keturunan kami Yaa Allah….sahabat-sahabat kami,dan umat islam seluruhnya.
Allohumma inna nasaluka ridhoka wal jannah
Wa na’udzubika min sakhotika wannar.
Berkahi sisa umur kami Yaa Allah
Berkahi Seluruh ummat islam
Rabbanaa aatina fiddunyaa hasanah,
Wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa ‘adzaabannar.
Subhana rabbika rabbil ‘izzati ‘amma yashifuun
Wa salaamun ‘alal mursalin walhamdulillahi rabbil ‘aalamiin.

Semoga do’a dan renungan ini dapat menjadi obat dan nasehat khususnya bagi para jemaah haji dan umumnya buat kitan semua…..amiin

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Mari kita saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.