Kamis, 29 Juli 2010

BUMI PLANET TERBAIK

Suatu hari saya pernah membaca tulisan seorang teman dalam Statusnya di facebook. Yang intinya dalam status itu adalah tentang keadaan bumi yang panas , tidak nyaman dan penuh ketakutan, seolah bumi ini sudah tidak layak untuk tempat tinggal manusia lagi. Ketika ada yang berkata seperti itu, saya pikir itulah realita yang terjadi saat ini. kita bisa merasakan bumi rasanya makin panas….betul ga sih..??? Yah sekarang memang sedang ramai dibicarakan tentang Global Warming. Apalagi sebuah sumber menyebutkan bahwa matahari sedang mengalami titik terdekat dengan bumi. Bayang kan dititk normal dan terjauhnya saja memang sudah panas apalagi sekarang semakin dekat. Pantas saja para ahli kesehatan memberikan warning bahwa merebaknya penyakit kanker dan kulit bisa terjadi disebabkan situasi ini. Ditambah lagi dijalan macet, karena memang ratusan bahkan ribuan kendaraan memadati jalan setiap harinya, terang saja hal ini membuat suasana semakin panas. Sekalinya turun hujan mesti terjadi banjir yang menelan kerugian tidak sedikit, tentu saja hal ini membuat kita tidak nyaman, apalgi bagi mereka yang rumahnya dekat dengan sungai selalu dihantui rasa was-was.

Saya masih ingat kira-kira 10 atau 15 tahun yang lalu saat usia saya masih kanak-kanak, ketika itu saya bisa bebas bermain bersama teman-teman. Bermain layangan, main bola main petak umpet dan permainan-permainan tradisional lainnya tanpa harus membuat khawatir orang tua. Tapi coba sekarang, rasanya orang tua manapun pasti akan khawatir membiarkan anaknya berlama-lama diluar. Bagi yang rumahnya dipinggir jalan orang tua mesti bawel bin rewel sama anaknya..”Jangan main dipinggir jalan Ya nak…!” padahal memang rumahnya dipinggir jalan, atau “Kalau mau nyebrang tunggu jalanan kosong ya nak..!!” terang saja si anak tak kunjung nyebrang, karena memang jalanan tidak pernah kosong dan sepi dari kendaraan.

Hal yang menarik lainnya adalah setelah masyarakat dunia khususnya Indonesia dilanda berbagai macam bencana alam dan berbagai kejadian yang membuat heboh. Dari mulai tsunami, gempa bumi, tanah longgsor, banjir, pesawat jatuh, kapal tenggelam. Belum hilang peristiwa itu dari ingatan , muncul teror bom, kerusuhan, tawuran, pembunuhan, aksi kejahatan dan se-abreg kejadian-kejadian yang membuat kita selalu resah ,gelisah dan tidak nyaman. Sehingga timbul pertanyaan……..Masih betahkah kita tinggal diplanet bumi ini..????? Adakah planet lain yang lebih baik dari bumi saat ini….???

Konon katanya menurut para ilmuwan ada sebuah kehidupan di Planet Mars. Benar atau tidaknya keadaaan itu, rasanya kalau harus pindah dari bumi ini, ini perlu dipikirkan ratusan bahkan ribuan kali. Mengapa demikian????........Mari sama-sama kita renungkan……!!!!

Ketika Adam dan Hawwa Allah SWT turunkan ke bumi ini sebagai akibat dari pelanggaran meraka atas larangan-Nya untuk tidak mendekati sebuah pohon didalam sorga, kita patut berpikir…..kenapa harus diplanet bumi ini mereka diturunkan? Kenapa tidak di Mars, Venus, Pluto atau mungkin diplanet lain yang belum diketahui oleh manusia sampai saat ini??!! Jawabannya sederhana…yaitu :

1. Karena Allah SWT maha kuasa dan maha tahu. Allah berkuasa kepada setiap apa saja yang menjadi makhluknya baik yang terlihat maupun tidak terlihat, termasuk manusia dan bumi serta isinya dan Allah maha tahu bahwa bumilah planet yang terbaik bagi manusia. Dan ini dibuktikan dengan adanya Ka’baitulloh sebagi bangunan pertama yang diciptakan oleh Allah SWT dimuka bumi ini jauh-jauh hari sebelum Nabi Adam AS dan Siti Hawwa diturunkan. Dan sampai sekarang menjadi qiblat sholat umat islam diseluruh dunia. Firman Allah dalam Al-Qur’an :
-->

إن أول بيت وضع للناس للذي ببكة مباركا وهدى للعالمين

"Sesungguhnya Rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia." (Ali Imran: 96).

Inilah skenario Alloh yang sempurna, semuanya tersusun dan terencana dengan rapi tanpa cacat sedikitpun, hanya kemampuan dan akal manusia lah yang terbatas. Dan sepengetahuan saya Al Qur’an tidak pernah menceritakan ada Ka’bah di Planet lain selain Bumi. Belum lagi ketika Al Qur’an bercerita tentang hari Qiamat yang semuanya itu terjadi pada manusia dibumi ini.

2. Allah menciptakan manusia dan memilihnya untuk tinggal dimuka bumi ini adalah tiada lain karena manusia mempunyai tugas untuk memelihara dan menjaga bumi ini dengan menjalankan segala hukum dan peraturan dari Allah Azza Wazala. Firman-Nya :

وإذ قال ربك للملائكة إني جاعل في الأرض خليفة قالوا أتجعل فيها من يفسد فيها ويسفك الدماء ونحن نسبح بحمدك ونقدس لك قال إني أعلم ما لا تعلمون

“Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada Para Malaikat: "Sesungguhnya aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi." mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, Padahal Kami Senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." (Al Baqarah : 30)

Dalam ayat lain Allah SWT berfirman :

وهو الذي جعلكم خلائف الأرض ورفع بعضكم فوق بعض درجات ليبلوكم في ما آتاكم إن ربك سريع العقاب وإنه لغفور رحيم

“ Dan Dia lah yang menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi dan Dia meninggikan sebahagian kamu atas sebahagian (yang lain) beberapa derajat, untuk mengujimu tentang apa yang diberikan-Nya kepadamu. Sesungguhnya Tuhanmu Amat cepat siksaan-Nya dan Sesungguhnya Dia Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (Al An’am : 165).

3. Bumi memiliki seluruh sifat yang diperlukan bagi kehidupan. 

  • Keberadaan atmosfir yang berfungsi sebagai lapisan pelindung yang melindungi makhluk hidup,
  • Angin yang berperan dalam pembentukan hujan,
  • Hujan yang diturunkan ke bumi dalam kadar tertentu.  Hal ini disebutkan dalam Surat Az Zukhruf sebagai berikut :
والذي نزل من السماء ماء بقدر فأنشرنا به بلدة ميتا كذلك تخرجون

“ Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu Kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti Itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).” (Az-Zukhruf : 11). 

  • Lautan yang saling bertemu, akan tetapi tidak bercampur satu sama lain.
  • Jarak yang ideal antara Bumi dan Matahari, yang tentu saja bermafaat bagi kehidupan manusia.
Dan masih banyak lagi kelebihan Planet Bumi ini dibandingkan planet manapun bagi kehidupan manusia. Dan semua yang ada dibumi ini semuanya diserahkan kepada manusia untuk dipelihara, dijaga, dilestarikan dinikmati dan digunakan sesuai dengan fungsinya. Allah SWT berfirman :

هو الذي خلق لكم ما في الأرض جميعا ثم استوى إلى السماء فسواهن سبع سماوات وهو بكل شيء عليم

“ Dia-lah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. dan Dia Maha mengetahui segala sesuatu.” (Al Baqarah : 29).

Nah….!!!!! Dengan demikian tidak ada alasan bagi kita untuk pergi meninggalkan bumi ini, karena itu sama artinya kita lari dari tanggung jawab kita kepada Allah SWT sebagai Khalifah dimuka bumi ini dan kita tidak bersyukur atas segala ni’mat yang telah dikaruniakan kepada kita. 

Mari sama-sama kita pelihara bumi tercinta ini dimulai dari masing-masing individu dengan penuh keimanan dan tanggung jawab agar bumi ini khususnya bumi Indonesia menjadi tempat yang aman, nyaman dan enak untuk dijadikan tempat tinggal…..BALDATUN THAYYIBATUN WA RABBUN GHAFUR………….Aamiin. Wallohu A’lam.

22 Juli 2010
Jaka Suganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari kita saling menasehati dalam kebaikan dan kesabaran.